Uskup Agung Berharap Pemilu 2019 Hasilkan Pemimpin Peduli Rakyat

    0
    68

    JAKARTA – Uskup Agung Jakarta, Ignatius Suharyo menyoroti gelaran Pesta Demokrasi 2019. Disela-sela khutbah Natal, Suharyo berharap pemilu mendatang bisa berjalan lebih baik.

    “Kami harap Pemilu 2019 menghasilkan pemimpin yang peduli kepada rakyat,” ujarnya di Gereja Katedral Jakarta, Selasa (25/12/2018).

    Suharyo menekankan Pemilu 2019 harus terhindar dari isu SARA, terutama yang berbau agama karena keyakinan tidak pantas diperjual-belikan untuk sebuah kekuasaan.

    “Demokrasi yang berhikmat tentu saja bukan demokrasi dengan instrumentalisasi agama, agama diperalat untuk kepentingan politik, itu kan tidak bagus ya,” ujar Suharyo

    Selain itu, Suharyo berharap Pemilu 2019 terhindar dari hoax. Sehingga segala bentuk perpecahan masyarakat bisa dihindari. “Juga tidak menyebarkan kebohongan, tidak dengan menyebarkan fitnah, tidak menggunakan kekerasan,” imbuhnya.

    Pemilu 2019 dikatakan Suharyo bukan sebatas melaksanakan pemilihan pemimpin. Namun harus diikuti dengan hasil yang baik dari adanya Pemilu tersebut.

    Pesta demokrasi tidak sekedar demokrasi prosedural, tapi demokrasi yang memperjuangkan nilai-nilai demokrasi dan nilai tertinggi dari demokrasi adalah kebaikan bersama.

    Siapapun yang menang, mestinya memperjuangkan kebaikan bersama, kesehjahteraan bersama, bagi seluruh rakyat indonesia. Nilai kedua adalah kesetaraan, tidak diskriminasi.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here